newton.co.id
Zaman sekarang semua orang menggunakan mesin pencari untuk mencari sebuah produk atau perusahaan. Sekitar 60% lebih consumer menggunakan mesin pencari Google untuk mencari kesempatan berbisinis, dan 80% pencarian online menghasilkan penjualan langsung atau kunjungan toko. Jika kamu ingin optimasi website maka kamu harus muncul di pencarian rata-rata diatas. Ini harusnya menjadi prioritas untuk pemilik bisnis.
Sayangnya, optimasi pencarian bukanlah seperti “betulkan lalu tinggalkan”. Algoritma Google akan terus berkembang dan Google akan selalu melakukan yang terbaik untuk para pencari dan tentu saja mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dari iklan. Website kamu harus selalu update, kamu tidak bisa menyewa seorang ahli SEO untuk optimasi website kamu lalu tinggalkan saja begitu, kamu akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.
Dengan gambaran diatas, kamu seharusnya melakukan hal-hal ini secara konsisten agar website kamu teroptimasi dengan baik.
- Riset Keyword
Semua optimasi dimulai dengan riset keyword, kamu harus mengerti bagaimana gambaran keyword dari website kamu. Ini sangat kritikal tidak hanya dilakukan pada tahap awal strategi pemasaran,tapi juga untuk evaluasi ulang. Angka-angka in akan selalu berganti, dan kamu seharusnya up to date.
Gunakan Google Keyword Planner, mulailah dengan memilih industry dan lokasi. Alat ini juga akan memberikan gambaran sejauh mana pencarian kata kunci tersebut, seberapa sering dicari dan kompetisi dari kata kunci tersebut. Kamu akan menemukan berbagai macam kata kunci yang berhubungan untuk bisnis kamu dengan kompetisi yang rendah tetapi banyak dicari. Ketika kamu sudah mengidentifikasi hal tersebut, tulis itu perkata. Gunakan kata kunci tersebut agar menambah kinerja website kamu.
- Buat konten menarik dengan kata kunci
Konten adalah dasar dari segala Duct Tape Marketing, dan posting konten setiap hari dapat membantu website kamu muncul dibeberapa pencarian. Ketika menulis konten, kamu harus memikirkan kata kunci, tujuan dari penulisan konten ini adalah untuk menjangkau orang-orang yang mencari.
Gunakan kata kunci sebagai pemacu untuk membuat konten, dan cobalah untuk menaruh kata kunci tersebut dalam sebuah postingan secara berkala, sealami mungkin.
- Optimasi Kecepatan
Google telah memulai menandai website yang berjalan lambat. Kamu wajib untuk selalu mengikuti kecepatan website kamu. Untungnya ada alat yang bisa kamu gunakan, Google PageSpeed Insight akan mengaudit kecepatan website kamu, bukan hanya itu alat tesebut akan memberikan solusi bagaimana caranya untuk meningkatkan website kamu.
Sangat penting untuk mengecek secara berkala dan menindaklanjuti saran-saran tersebut. Hal-hal yang kamu lakukan pada website kamu (membuat konten baru, produk baru dan halaman baru) dapat membuat website kamu down. Kamu tidak mau terkena pinalti dari Google akibat website yang lambat kan?
- Gunakan landing page
Pikirkan keberadaan kata kunci pada setiap halaman landing page. Jika kamu membuat landing page untuk sebuah produk baru atau promosi. Gunakanlah kata kunci yang berhubungan dengan produk kamu pada Title atau pada Body di halaman landing page tersebut.
Jika terdapat banyak kata kunci untuk produk kamu, dan kamu mencoba untuk menjalani berbagai macam test kata kunci dalam berbagai macam landing page. Kamu akan membuat website kamu down, jadi sering-seringlah hapus landing page yang jelek.
- Update Judul Halaman Kamu
Pertanyaan singkat: Apa itu judul halaman pada website kamu? Kebanyakan pebisnis memiliki judul halaman yang simpel seperti nama bisnis mereka. Ini bagus jika nama bisnis kamu sudah teroptimasi dengan baik, tapi kebanyakan tidak, paling bagus untuk pencarian adalah biasanya diikuti dengan jenis layanan + nama kota, seperti Bengkel di Jakarta Timur.
Cobalah ubah halaman kamu dengan kata kunci nomor 1 pilihan kamu. Ini akan menjadi seperti Nama bisnis kamu + keyword pilihan, tetapi kamu juga bisa kreatif. Coba masukkan sebuah slogan yang terdapat kata kunci tersebut.
Hasil yang Optimal
Dengan 5 tips diatas, website kamu akan memberikan hasil yang optimal. Pastikan kamu mengevaluasi hasil tersebut, dan temukanlah apa yang berhasil dan yang tidak.
Ini juga bukanlah sebuah keberhasilan dan berhenti disini. SEO akan berkembang secara bertahap dari waktu ke waktu, tetapi ini juga berarti banyak kesempatan dan sumber ilmu yang belum digali dan dimaksimalkan.